SJ Kay - шаблон joomla Joomla
Wednesday, 15 February 2017 00:00

Perbandingan Java vs .NET

Written by 

Perbandingan Java vs VB.net

 

perbandingan java, perbandingan .net, perbandingan microsoft, perbandingan oracle, perbandingan programming, perbedaan java, perbedaan .net, perbedaan microsoft, perbedaan oracle, perbedaan programming, apa itu java, apa itu .net, apa itu microsoft, apa itu oracle, apa itu programming
Arsitektur Java

Rancangan arsitektur Prosesor Java berfungsi sebagai Java Virtual Machine. Hardware ini berupa prosesor Java yang akan mengeksekusi Java instruction set secara langsung tanpa perlu ada tahapan konversi ke native instruction set sebagaimana yang terjadi bila aplikasi Java tersebut dijalankan dengan general procesor.


Sun membagi arsitektur Java menjadi tiga bagian, yaitu:
1. Enterprise Java (J2EE) untuk aplikasi berbasis web, aplikasi system tersebar dengan beraneka ragam klien dengan kompleksitas yang tinggi. Merupakan superset dari Standar Java .
2. Standar Java (J2SE), biasa dikenal sebagai bahasa Java.
3. Micro Java (J2ME) merupakan subset dari J2SE dan salah satu aplikasinya yang banyak dipakai adalah untuk wireless device / mobile device.

Fitur-fitur Java

Beberapa fitur Java adalah :
1. Java Virtual Machine, merupakan mesin imajiner (imaginary machine) yang diimplementasikan oleh software emulasi diatas mesin nyata. Selain itu JVM juga menyediakan spesifikasi platform hardware untuk melakukan compile semua kode teknologi Java.
2. Garbage collection thread, bertanggung jawab untuk membebaskan memori apa saja yang dapat dibebaskan. Proses ini terjadi secara otomatis selama lifetime dari program Java. Programmer tidak lagi disusahkan dengan tugas untuk mendealokasikan memori yang sudah dipakai program tersebut.
3. Code security, dicapai melalui implementasi dari JRE-nya. JRE menjalankan kode yang sudah dicompile untuk JVM dan melakukan class loading (melalui class loader), verifikasi kode (melalui bytecode verifier) dan akhirnya eksekusi kode.


Kelebihan dari teknologi Java

1. Pemulaan yang mudah dan cepat :
Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek, mudah dipelajari, terutama untuk programmer yang sudah menguasai C atau C++.
2. Lebih sedikit menggunakan program:
Jumlah kelas, jumlah metode, dll, menunjukkan bahwa program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java memiliki jumlah 4 kali lipat lebih kecil dari program sama yang ditulis dalam bahasa C++.
3. Dapat membuat program lebih baik:
Bahasa pemrograman Java menganjurkan praktek membuat program yang baik, dan automatic garbage collection membantu untuk menghindari kebocoran memori. Orientasi objeknya, arsitektur komponen JavaBeans, dan jangkauannya yanga luas, API yang mudah diperluas, memungkinkan kita menggunakan kode yang ada.
4. Membuat program dengan lebih cepat:
Bahasa pemrograman Java lebih mudah dari C++, pemrograman akan menjadi 2 kali lipat lebih cepat, dengan jumlah baris yang jauh lebih sedikit.
5. Menghindari kebergantungan pada platform tertentu:
Kita dapat menjalankan program pada banyak platform dengan TIDAK menggunakan library yang ditulis spesifik untuk platform tertentu.
6. Tulis sekali, bisa jalankan di mana saja:
Karena aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dikompilasi ke dalam kode byte yang bebas platform, aplikasi yang ditulis dapat jalan secara konsisten pada platform apa saja.
7. Distribusikan software dengan mudah:
Dengan Java Web Start, pengguna program akan dapat menggunakan aplikasi dengan mudah. Sistem pengecekan versi otomatis pada saat program dimulai menjamin pengguna selalu menjalankan versi terkini. Apabila versi baru tersedia, Java Web Start akan melakukan instalasi secara otomatis.

Tools yang digunakan untuk teknologi Java
1. J2SE atau Java 2 Standard Edition, adalah tools yang digunakan untuk membuat stand alone application biasa dan applet.
2. J2EE atau Java 2 Enterprise Edition, adalah tools yang digunakan untuk membuat enterprise application.
3. J2ME atau Java 2 Micro Edition adalah library, adalah tools yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile, seperti PDA, ponsel.

perbandingan java, perbandingan .net, perbandingan microsoft, perbandingan oracle, perbandingan programming, perbedaan java, perbedaan .net, perbedaan microsoft, perbedaan oracle, perbedaan programming, apa itu java, apa itu .net, apa itu microsoft, apa itu oracle, apa itu programming

Teknologi .NET

.NET merupakan sebuah teknologi yang diciptakan oleh Microsoft untuk pengembangan program – program yang berorientasi objek. Keistimewaan dari teknologi ini bagi para developer tidak hanya dapat mengembangkan program – program aplikasi biasa, namun juga dapat mengembangkan aplikasi – aplikasi internet. Teknologi ini memungkinkan seorang programmer mengembangkan aplikasi yang dapat berjalan di beberapa operating system, hingga peralatan – peralatan lain seperti handphone, blackberry maupun yang lain sebagainya. Teknologi .Net dapat dijalankan melalui internet, jaringan computer, handphone dan lain-lain.


Kelebihan teknologi .NET

1. Deployment aplikasi lebih mudah karena tinggal meng-copy dari satu folder ke folder yang lain.
2. Bahasa pemrograman yang digunakan telah mendukung OOP (Object Oriented Programming).
3. Framework .NET juga mendukung banyak API (Application Programming Interface).
4. Teknologi .NET akan mengajarkan kita membuat suatu aplikasi yang dapat dijalankan pada aplikasi desktop, enterprise maupun mobile.
5. Bahasa yang digunakan juga telah terintegrasi dengan bahasa pemrograman yang lain.

Jadi mau menggunakan yang mana? Java or .NET it's up to you!

Read 435 times Last modified on Monday, 13 February 2017 03:32

Media Sosial

Salah satu cara memudahkan komunikasi menjadi lebih transparan.

Kontak

Jl. Parahyangan no.18,
Komp. Panghegar Permai I,
Ujung Berung, Bandung 40614
Tel: (022) 92800-446 / (022) 95244-964
WA: 0857-95569337 / 0857-21261437
BBM: 7DF95683 / 7CD59179

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Top
Direktori Web Indonesia | Active Search Results [Social Submit this] HTTP://WWW.SITUS.WEB.ID Essential SSL