Java – 02. Local Environment

Pemrograman Java

Jika anda ingin mulai mengatur environment untuk dapat melakukan pemprograman java, maka anda harus segera mendownload JAVA SE (dari link ini). Ikuti langkah installasi sesuai file *.exe yang sudah anda download. Lalu ubah lokasi PATH seperti yang tertulis pada langkah berikutnya :

Windows 2000 / xp

Jika anda sudah menginstall JDK (java) ke dalam lokasi default seperti : c:\Program Files\java\jdk. Maka kini saatnya mengubah lokasi PATH dengan cara:
a. My Computer | Klik Kanan ‘Properties‘.
b. Klik pada Environment variables | Klik Advanced Tab.
c. Tambahkan lokasi JDK anda seperti ini : (asalnya -> C:\WINDOWS\SYSTEM32, menjadi -> C:\WINDOWS\SYSTEM32;c:\Program Files\java\jdk\bin).

Windows 98 ke bawah

Misalkan anda telah menginstall JDK (java) ke dalam lokasi default seperti : c:\Program Files\java\jdk. Maka edit file ‘C:\autoexec.bat‘ anda sehingga lokasi PATH  menggunakan perintah ini :

SET PATH=%PATH%;C:\Program Files\java\jdk\bin

Linux, UNIX, Solaris, FreeBSD

Jika anda sudah memiliki Java Binaries, maka gunakan PATH secara default mengarah ke lokasi Java Binaries tersebut berada. Misalkan, jika anda menggunakan Bash-Shell, maka gunakan perintah ini :

.bashrc: export PATH=/path/to/java:$PATH

Editor / IDE Terkemuka

Untuk dapat mengerjakan pemprograman java anda diharuskan memiliki setidaknya editor yang paling simple sampai ke IDE (integrated development environment) yang paling komplit!

Notepad / Notepad ++ :

Mudah dipakai, plugins variatif (untuk Notepad++), ditunjang dengan color-highlight syntax yang dapat membantu penulisan code secara benar. Tidak tersedia compilation disini. Hanya berfungsi sebagai Code Editor saja.

Netbeans :

Proses instalasi membutuhkan kurang dari 15 menit. Mudah dipakai, komplit, perlu penyesuaian bagi yang belum pernah menggunakan IDE. Tersedia integrasi antara Code Editor dan Code Compiler.

Eclipse

Serupa seperti Netbeans, hanya saja lebih ringan. Tata letak Tools yg digunakan agak berbeda  dari NetBeans. Tersedia integrasi antara Code Editor dan Code Compiler.

Ok, kini kita simak tutorial berikutnya dalam syntax dasar (basic syntax)…

—–

Ayo daftarkan segera menjadi peserta training / kursus pemrogaman bersama kami disini.

Related Articles