VB.net – 02. Local Environment

vb.net

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai tools yg available untuk digunakan dalam pemprograman VB.net.

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa VB.net ialah bagian dari .NET Framework ketika anda men-develop suatu aplikasi. Oleh sebab itu mari kita perhatikan terlebih dahulu poin permulaannya yg berhubungan dengan .NET Framework.

Apa itu .NET Framework?

.NET Framework ialah suatu platform yang membantu anda untuk membuat suatu aplikasi berbasis desktop (windows), website, dan juga web services.

Dengan .Net Framework suatu aplikasi menjadi multi-platform. Dengan bantuan framework ini maka ketika seseorang men-develop suatu aplikasi maka dapat memilih salah satu dari beberapa bahasa pemprograman seperti : Visual Basic, C#, C++, JScript, COBOL, dsb.

Dari beberapa bahasa pemprograman tadi diatas dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia dalam .NET Framework dan juga dapat dikomunikasikan satu sama lain. Sementara itu dalam VB.net penerapannya menggunakan Visual Basic + metode object oriented. Berikut ini ialah komponen utama dari .NET framework :

  1. Common Language Runtime (CLR)
  2. .NET Framework Class Library
  3. Common Language Spec
  4. Common Type System
  5. ASP.Net dan ASP.Net AJAX
  6. ADO.Net
  7. Windows Workflow Foundation (WF)
  8. Windows Presentation Foundation
  9. Windows Communication Foundation (WCF)
  10. LINQ

Untuk pembahasan secara detail mengenai komponen-komponen di atas nanti kita akan simak di bagian ASP.NET, sementara selebihnya dapat anda akses halaman web utama dari Microsoft yang berkaitan dengan itu.

Apa IDE untuk VB.Net?

  1. Integrated Development Environment atau yg biasa disebut IDE yang memudahkan ketika pemprograman VB.Net ialah seperti :
  2. Visual Studio 2010 (VS)
  3. Visual Basic 2010 Express (VBE)
  4. Visual Web Developer

Hanya bagian 2 terakhir termasuk Gratis. Dengan IDE diatas tadi anda dapat melakukan pemprograman VB.Net dari yang paling simple (Command Line) sampai ke aplikasi kompleks. Dari Visual Basic Express dan Visual Web Developer Express keduanya sebenarnya hasil potongan dari Visual Studio. Tata cara penggunaannya sama saja. Dalam tutorial kita kali ini, kita akan menggunakan Visual Basic 2010 Express dan Visual Web Developer (untuk bab web programming nanti).

Silahkan unduh dari sini. Pastikan internet anda stabil saat instalasi berjalan sampai tuntas.

Bagaimana melakukan pemprograman VB.Net dalam LINUX atau Mac OS?

Meskipun kita tahu bahwa .NET framework berbasis Windows, akan tetapi bukan berarti setiap users dari non-windows (seperti linux) tidak dapat melakukan pemprograman dalam komputer mereka. Terdapat suatu Framework lain yang bekerja serupa seperti .NET Framework yaitu Mono Open Source Framework. Dalam Mono, penggunaan Visual Basic Compiler ialah versi 2012. Dengan Mono Framework, user yang menggunakan Linux dan Mac OS tidak akan kewalahan ketika melakukan pemprograman berbasis VB.Net dalam komputer mereka masing-masing.

 

—–

Ayo daftarkan segera menjadi peserta training / kursus pemrogaman bersama kami disini.

Related Articles