10 Kesalahan Fresh Graduate Saat Wawancara Kerja

Kesalahan Saat Interview

Kebanyakan orang hanya berpikir membuat surat lamaran pekerjaan yang bagus tanpa diimbangi wawasan mengenai kesalahan saat interview kerja. Mereka belum menyiapkan bekal untuk berhadapan dengan calon atasan saat wawancara tiba.

Tak heran jika mereka kerap melakukan kesalahan saat wawancara. Memiliki info sebanyak mungkin terkait dengan jabatan yang Anda incar. Sehingga Anda tidak melakukan kesalahan fatal saat wawancara kerja.

Untuk menghindari kesalahan saat wawancara kerja, kenali perusahaan tempat Anda akan bekerja. Sebagai antisipasi apabila kebijakan perusahaan dijadikan pembahasan dalam setiap pertanyaan wawancara kerja.

Kemungkinan kesalahan saat interview yang menjadi momok menakutkan, khususnya bagi para fresh graduate yang tidak cukup pengalaman. Belum lagi dengan pesaing yang banyak, lakukan apapun yang dapat mencegah kesalahan saat wawancara sedini mungkin.

Sebagai infromasi tambahan, berikut beberapa hal fatal yang sering diperbuat oleh pelamar kerja pemula fresh graduate.

 

#1. Datang terlambat

Datang tepat waktu untuk mencegah kesalahan awal saat interview, dari sini mereka akan mengamati tanggung jawab anda. Lebih baik Anda menunggu daripada ditunggu.

Datang tepat waktu akan menguntungkan Anda. Kesalahan saat wawancara yang paling sering adalah datang terlambat, dan membuat mereka kesal dengan Anda.

 

#2. Sibuk dengan handphone/ Gadget

Jangan mengoperasikan handphone saat wawancara berlangsung. Mengapa? Kesalahan ini menandakan bahwa Anda tak punya rasa sopan di depan orang yang notabennya harus anda hormati.

Jangan lakukan hal ini jika ingin masuk seleksi wawancara dan tidak melakukan kesalahan.

 

#3. Berhati-hatilah dengan cara anda berjabat tangan

Kesalahan saat wawancara kerja yang selanjutnya yaitu cara bersalaman. Anda mungkin kurang yakin bahwa mereka bisa mengetahui karakter Anda dari cara Anda berjabat tangan.

Jangan sekalipun Anda berjabat tangan dengan tidak bertenaga dan minim semangat. Kesalahan saat wawancara ini akan memalukan diri anda sendiri. Antusias juga bisa Anda tunjukkan dari mimik muka yang ceria dan penuh senyuman hormat dengan mereka. Dijamin, kesalahan awal interview ini akan jauh dari Anda.

 

#4. Jaga sikap profesional

Terdapat sesi dimana mereka akan meminta Anda untuk menceritakan pengalaman pribadi, hobi, prestasi atau pencapaian, pernah bekerja atau belum, hingga hal-hal yang erat kaitannya dengan diri Anda. Kesalahan saat wawancara di sesi ini yang kerap dilakukan adalah terlalu bersemangat atau mengada-ada. Bukannya senang, mereka justru merasa tak tahan.

Secara tidak langsung, pewawancara pasti sudah bisa menebak mana yang dibuat-buat dan mana yang tidak. Ungkapkan diri Anda dengan apa adanya.

Kesalahan ini bisa membuat mereka tak yakin kalau Anda bisa memegang jabatan tertentu.

 

#5. Merasa kurang percaya diri

Banyak orang pandai di luar sana, tapi hanya segelintir dari mereka yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi confident. Tak heran walaupun mereka sudah siap secara lahir batin, kesalahan saat wawancara kerja yang sering di lakukan adalah gagal fokus dan pecah konsentrasi. Jangan bersikap pemalu atau rendah di hadapan di depan pewawancara. Tunjukkan bahwa diri Anda lebih berhak dan lebih baiks daripada ribuan pesaing Anda yang sama-sama sedang berjuang.

Ingat, mereka butuh orang yang bisa dipercaya untuk memegang perusahaan. Apa jadinya jika pada diri sendiri pun Anda kurang percaya?. Bersikaplah tenang agar Anda bisa menghindari kesalahan saat interview ini.

 

Kesalahan Interview

 

#6. Ada minuman atau makanan, jangan buru-buru dimakan, tunggu sampai wawancara selesai

Banyak perusahaan di kota besar yang sengaja menyajikan kudapan lezat dan minuman bagi orang yang sedang menjalani tes interview. Selain rasa tanggungjawab, bisa jadi ini adalah trik yang dilakukan sebagai pengecoh.

Kesalahan saat wawancara yang kerap dipraktekkan adalah mereka yangkurang paham akan melahap makanan padahal sesi interview belum selesai. Tunggulah sampai Anda selesai interview.

Kesalahan saat interview ini membuktikan bahwa Anda kurang dalam hal pergaulan karena tidak tau tata cara dan tata krama bertingkah laku yang baik.

 

#7. Jangan tanyakan jatah cuti saat wawancara kerja

Sebetulnya Anda tidak perlu khawatir karena mereka pun akan memberikan cuti dengan jangka waktu tertentu. Jika ingin membicarakan jadwal atau cuti sebaiknya jangan saat wawancara.

pastikan terlebih dahulu anda di terima dalam pekerjaan tersebut.

Kesalahan saat interview ini menunjukkan bahwa Anda egois. Jadi sekali lagi Anda perlu waspada. Sebab sekecil apapun kesalahan saat wawancara yang Anda perbuat akan berdampak pada kesempatan yang diberikan pihak perusahaan untuk menerima atau menolak Anda.

 

#8. Tidak Mengenali perusahaan yang anda lamar

Syarat wajib yang harus Anda lunasi sebelum deadline wawancara adalah memahami sebanyak mungkin hal-hal yang mencakup perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Pelajari peraturan, seperti tahun berdiri, serta pada bidang apakah perusahaan tersebut bergerak.

Kesalahan saat wawancara seperti tidak mengetahui hal tersebut akan berakibat buruk pada nasib anda.

Begitu juga tentang bagian yang Anda lamar. Apa tugasnya, kewenangan, serta kewajiban yang harus dipenuhi. Sebab ini pun masuk dalam materi yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Jadi setidaknya Anda tahu pertanyaan yang akan Anda terima dan jawaban yang bisa diberikan sehingga tidak akan terjadi kesalahan saat interview.

 

#9. Gagal menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan

Tidak berhasil memaparkan apa yang menjadi nilai plus dan kelemahan boleh jadi membuat anda terlampau percaya diri atau sebaliknya.

Kesalahan menjawab pertanyaan ini saat wawancara justru menjadikan bos Anda kurang yakin dan akan berpikir ulang untuk menerima anda sebagai karyawannya.

Untuk meminimalisir kesalahan ini saat interview, Anda harus menceritakan kepada bos Anda tentang diri Anda dengan memperlihatkan hal-hal yang bisa Anda percaya. Secara tidak langsung Anda sudah memberikan alasan mengapa ia harus memilih Anda untuk memegang posisi yang cukup penting di perusahaan yang Anda lamar.

Selain pertanyan tersebut, berhati-hati dengan soal jebakan wawancara, yang mungkin di tanyakan oleh pewawancara.

 

#10. Jangan tanyakan gaji, jika tidak di tanya, Apalagi Anda seorang Fresh Graduate

Inilah kesalahan saat wawancara kerja yang bisa disebut berada di ratting paling atas. Kelalaian ini justru menggambarkan bahwa Anda orang yang hanya mengarah uang saja, bukan mengedepankan loyalitas dan profesionalitas saat bekerja sama dengan perusahaan mereka.

Jauhi kesalahan saat interview dengan bertanya nominal yang akan Anda dapat setiap bulannya. Anda tahan dulu keinginan itu sampai pewawancara membahasanya.

Ingat, adalah kesalahan fatal saat wawancara yang justru akan merusak reputasi Anda.

Kesalahan dalam Interview

Blog Attachment

Related Articles