Youtube Bisa Batasi Waktu Nonton

Youtube Bisa Batasi Waktu Nonton

Platform berbagi video, YouTube menambahkan fitur baru yang bertindak sebagai “timer” untuk membatasi waktu nonton video. Fitur baru berjuluk “take a break” mulai dirilis di aplikasi mobile untuk Android dan iOS.

Pengguna YouTube bisa mengatur fitur ini di menu “Settings” (pengaturan). Caranya, cukup ketuk foto profil di pojok kanan atas, gulir ke bawah dan klik opsi “Settings”. Lantas, pergi ke menu “General”, pilih “Remind me to take a break”.

Youtube Bisa Batasi Waktu Nonton

Pengguna akan disuguhkan beberapa pilihan durasi, mulai dari tidak pernah (never), setiap 15 menit, 30 menit, 60 menit, 90 menit, hingga 180 menit. Setelah pilih opsi durasi, pengguna akan diberi peringatan ditengah-tengah menonton video, sesuai durasi yang dipilih.

Kendati demikian, pengguna bebas ingin menghiraukannya atau tidak, mereka tetap bisa lanjut menikmati video. Selain fitur pengingat untuk beristirahat ada dua fitur baru lagi yang ditambahkan YouTube.

Pertama, fitur yang bisa membungkam suara dan getaran notifikasi dari aplikasi YouTube dalam kurun waktu tertentu. Kedua adalah fitur di mana pengguna bisa mengatur semua notifikasi dalam sehari, untuk dimunculkan pada jam-jam tertentu.

Pembaruan di mobile ini sebagai bagian dari misi Google, yang merupakan induk YouTube, untuk membuat kehidupan digital lebih “sehat”.

“Membantu orang-orang dengan kehidupan digital yang lebih sehat, lebih penting bagi kami”, ujar Vice Preisdent of Product Management Google, Sameer Samat dalam agenda kumpul developer Google I/O 2018.

Google juga menyiapkan Android Dashboard yang disebut akan meluncur bersama Android P. Android Dashboard berguna untuk memberi tahu pengguna Android berapa lama waktu yang mereka habiskan dengan ponsel mereka. Termasuk aplikasi mana yang paling sering mereka gunakan. Ada juga fitur “App Timers” yang membantu membatasi penggunaan aplikasi tertentu di perangkat Android.

Blog Attachment

Related Articles